Metode Well-Logging (Borehole)

WELL-LOGGING
            Dikenal sebagai borehole logging adalah adalah cara untuk mendapatkan rekaman log yang detail mengenai formasi geologi dengan menggunakan alat ukur yang dimasukkan kedalam lubang sumur atau lubang bor untuk evaluasi formasi dan identifikasi ciri-ciri batuan di bawah permukaan.
Log dapat berupa pengamatan visual sampel yang diambil dari lubang bor (geological log), atau dalam pengukuran fisika yang dieroleh dari respon piranti instrumen yang di pasang didalam sumur (geophysical log). Well loging dapat digunakan dalam bidang eksplorasi minyak dan gas, Air Tanah, mineral, lingkungan dan geotechnical. Tujuan dari well logging adalah untuk mendapatkan informasi litologi, pengukuran porositas, pengukuran resistivitas, dan kejenuhan hidrokarbon. Sedangkan tujuan utama dari penggunaan log ini adalah untuk menentukan zona, dan memperkirakan kuantitas minyak dan gas bumi dalam suatu reservoir. 
Log types
Physical Measurement
Scale
Source
Densitas
Densitas Elektron
1,8 – 2,8 g/cc
Cs-137 (aktif)
Neutron
Indeks hidrogen
-0,06 – 0,54 pu
Am-Be (aktif)
Sinar Gamma
Radioaktivitas alam
0 -150 gAPI
Pasif
SP Logging
Potensial elektrik alam
0 – 100 mV
Pasif
Resistivitas
Tahanan Jenis
0,2 – 2000 Ωm
Elektroda Arus
Akustik
Transit time
40 – 140 μs/feet
Kristal Pizoelektrik
Caliper
Diameter lubang bor
6 – 16 inci
 -
Well log merupakan metode perekaman batuan secara berkelanjutan yang dihasilkan dari lubang bor, dan menunjukkan ciri fisik batuan dari hasil bor. Logging memiliki beberapa variasi, bergantung pada lokasi dan kebutuhan yang diperlukan.
            Komponen-komponen dari well-logging terdiri dari kabel logging, self-contained 120-V AC Generator, perangkat panel pengendali (control panel), down-hole tools (sonde & cartridges), dan alat perekam digital.
Image result for instrument of well-logging
Borehole Logging Winch, Geophysical Equipment Well Logging Winch Geographic Surveying Instrument 1000m Depth
            Proses logging dibagi menjadi tipe open-hole operations dan cased-hole operations. “Open-hole” memiliki jangkauan lebih dari 100 feet, sedangkan “cased-hole” biasanya jaraknya terbatas.
Image result for metode well-logging
Ilustrasi metode Well-Logging
            Metode Well-logging umumnya digunakan dalam ekplorasi hidrokarbon seperti migas, batubara, dan sumber daya hidrokarbon  lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Elektromagnetik

Metode Seismik